ARTI DAN MAKNA LOGO
Sejak diluncurkan, logo Ibu Kota Negara ( IKN ), banyak pihak memberikan komentar dan penilaian. Hampir 100 persen publik suka, setuju dan menyukai logo tersebut.
Sebenarnya. persoalan terpenting bukan tampilan bentuk fisik logo, atau nilai filosofi yang dikandungnya, atau nilai estetikanya. Di Republik nyaris semua organisasi memiliki masalah mendasar yang sama berkaitan dengan soal logo.
Logo adalah citra diri suatu organisasi yang mampu merepresentasikan peta genetiknya, karakter / sifatnya, jati dirinya. Semua itu tergambarkan, terwujud di dalam desain grafis suatu logo.
Persoalan terbesar yang umum terjadi di banyak organisasi adalah menurunkan atau menanamkan seluruh sifat/ karakter, identitas / jati diri yang ditampilkan oleh logo ke dalam jiwa / spirit. sifat, karakter, pikiran, perilaku tiap anggota organisasi, sehingga menyatu dalam " pembuluh / aliran darah " masing masing anggota.
Pada tataran ini yang mutlak dibutuhkan adalah :
1. KOMITMEN atau janji/ tekad terutama dari jajaran pimpinan
2. KONSISTENSI, atau keselarasan antara pikiran. ucapan dan tindakan.
3. KETELADANAN, dari jajaran pimpinan.
Selama 3 rumus di atas belum dijalankan, maka seindah atau sebagus apapun suatu logo, jadi tidak bermakna dan tidak punya nilai.
Comments
Post a Comment